Pinjam Uang di Bank Jaminan Sertifikat Rumah Berapa Hari Dana Cair?

Salah satu jaminan yang memiliki harga tertinggi di bank dan lembaga keuangan lainnya adalah sertifikat rumah.

Sertifikat rumah memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan surat berharga seperti BPKB motor karena semakin tahun harganya semakin mahal dan dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda.

Dalam hal ini, jaminan sertifikat rumah sangat berharga bagi pihak bank. Oleh karenanya, jika Anda mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, tentu bank akan sangat menerimanya dengan baik.

Advertisements

Nah, dalam hal ini jika Anda meminjam uang dengan sertifikat rumah sebagai jaminan, kira-kira berapa lama uang yang Anda butuhkan akan cair?

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah sebagai jaminan.

Menjaminkan Sertifikat Rumah untuk Pinjaman di Bank

Ketika Anda mengajukan pinjaman dengan menjaminkan sertifikat rumah maka Anda akan memperoleh sejumlah dokumen yang harus dilengkapi. Baca Menggadaikan Ijazah di Pegadaian

Selain itu, Anda juga harus mengetahui prosedur sertifikat pinjaman jaminan sertifikat rumah, sehingga Anda tidak merasa kecewa di akhir proses pinjaman.

Advertisements
  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajukan pinjaman tersebut. Biasanya, pihak bank akan meminta sejumlah dokumen seperti KTP, KK, sertifikat rumah sebagai jaminan dan slip pembayaran PBB. Nah, dokumen-dokumen ini selanjutnya akan dipertimbangkan untuk dinilai apakah Anda layak untuk memperoleh pinjaman atau tidak.
  2. Kedua, setelah Anda dinilai layak untuk memperoleh pinjaman dari pihak bank, Anda akan menjalani proses survey, di mana pihak bank akan mendatangi lokasi agunan untuk dinilai apakah layak atau tidak. Hal ini sangat penting bagi pihak bank untuk menilai apakah rumah yang Anda jaminkan tersebut merupakan sebuah agunan yang berharga atau tidak.
  3. Setelah proses survey selesai, Anda akan disuruh menunggu selama setidaknya satu minggu untuk memperoleh keputusan apakah pengajuan pinjaman Anda disetujui atau tidak. Anda biasanya akan dihubungi oleh pihak bank mengenai persetujuan kredit Anda. Hal ini selanjutnya akan mempermudah proses pinjaman Anda.
  4. Jika sudah dihubungi oleh pihak bank, Anda bisa mengurus pencairan dana sesuai dengan yang Anda ajukan sebelumnya. Namun, Anda pun perlu mengetahui bahwa banyak jaminan sertifikat rumah yang mendapatkan uang pinjaman tak sesuai dengan apa yang mereka ajukan. Hal ini kembali lagi pada penilaian kelayakan suatu properti untuk dijadikan agunan pinjaman bank.

Setelah membaca informasi di atas, tentu Anda mengetahui bahwa sesungguhnya proses pinjaman di bank bukanlah hal yang sulit.

Anda bisa mempertimbangkan hal ini jika Anda membutuhkan suntikan dana dengan cepat untuk pembiayaan yang memakan banyak dana. Baca Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Dengan begitu, Anda akan semakin mudah dalam mendapatkan uang yang Anda butuhkan jika mengandalkan jaminan sertifikat rumah.

Advertisements
error: