Pinjaman BNI Syariah Tanpa Agunan, Bisakah??

Untuk saat ini pinjaman BNI Syariah tanpa agunan begitu populer di tengah-tengah masyarakat, terlebih umumnya masyarakat itu sangatlah konsumtif.

Pinjaman uang tanpa adanya jaminan itu dapat menjadi sebuah magnet untuk banyak orang. KTA (Kredit Tanpa Agunan) ini sudah menjadi sorotan mulai dari tahun 2012.

Bank Indonesia yang sebagai regulator perbankan sudah mengakui adanya pelonjakan KTA yang mencapai 32,6 persen.

Advertisements

Diduga sudah banyak orang yang menggunakan KTA ini untuk membayarkan uang muka KPR (Kredit Pemilikan Rumah atau juga KKB (Kredit Kendaraan Bermotor).

Kebanyakan bank konvensional itu pasti akan menyediakan KTA, namun apakah di bank Syariah itu bisa? Ini merupakan pertanyaan yang sudah begitu banyak kami dengar. Untuk itulah kami pun ingin menjawab pertanyaan tersebut melalui ulasan berikut.

Informasi Seputar KTA di BNI Syariah

Fenomena KTA ini cukup sering terjadi ketika akan memasuki bulan puasa. Sejak tahun 2013, SCB mencatat adanya kenaikan permintaan yang mencapai 40 persen. Baca Tabel KUR BNI Update

Lonjakan tersebut pun membuat pertumbuhan KTA di sejumlah bank asing pun mencapai 24 persen. Namun kenyataannya sampai sekarang ini pinjaman BNI Syariah tanpa agunan masih hanya sekedar wacana.

Meskipun sudah mulai didengungkan di akhir tahun 2010, namun sampai sekarang masih belum ada kejelasannya. Sebenarnya ini merupakan hal yang wajar, pasalnya KTA tidak jelas dalam dananya untuk apa.

Advertisements

Kemudian untuk mengajukan pinjaman tersebut ke bank Syariah, tentu harus ditentukkan untuk apa dananya. Sebagai contoh untuk membelu mobil, membeli rumah ataupun untuk modal usaha.

Nah jika sudah jelas dananya untuk apa, baru lah bank Syariah akan memberikan uangnya dan menghasilkan jaminan, yaitu rumah ataupun mobil tersebut.

Jika dananya dipinjam tanpa adanya peruntukan, bank Syariah pun takut akan terjadi serampangan dalam penggunaan dana. baca Tabel Angsuran KUR Ritel BNI

Contohnya untuk membayarkan uang kredit mobil ataupun rumah. Pasalnya hal tersebut sudah banyak sekali terjadi di tahun 2012. Kemudian bagi semua orang yang meminjam KTA pun akan merasa lebih terbebani.

Bagaimana tidak, peminjam nantinya harus membayar cicilan double, yaitu untuk bayar cicilan KTA sekaligus bunga untuk KPRnya atau KKBnya.

Hal tersebut cukup beresiko bagi peminjamnya. Sebenarnya kredit itu akan menguatkan ketidakpastian peminjaman dengan sistem KTA.

Untuk alasan itulah mengapa sampai sekarang ini di bank-bank Syariah masih belum ada KTA bagi masyarakat. Sebenarnya jika memang Anda ingin meminjam uang, bisa dengan mengajukan peminjaman kredit.

Dengan peminjaman kredit cicilan yang dibayarkan tidak akan terlalu besar. Sehingga kredit pun tidak akan menjadi beban yang begitu besar setiap bulannya. Baca Pinjaman Bank BNI Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Sekian info seputar KTA dan jadi intinya sampai sekarang pinjaman BNI Syariah tanpa agunan masih sekedar wacana dari tahun 2010.

Advertisements
error: