Solusi Bikin NPWP di Perantauan, Apa yang Harus Saya Siapkan?

Bikin NPWP di Perantauan – Anda seseorang yang bekerja dan berpenghasilan di atas batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)? Maka sudah seharusnya memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

NPWP ini dibuat untuk memudahkan proses administrasi pembayaran pajak oleh seorang Wajib Pajak (WP). Singkatnya, seseorang yang memiliki NPWP akan dikenakan potongan pajak oleh lembaga perpajakan untuk kas negara.

Melalui kas-kas negara ini akan dialokasikan bagi pembangunan negara terkait. Pembuatan NPWP tergolong cukup mudah, syarat utamanya adalah Anda merupakan warga negara Indonesia dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Advertisements

Permasalahannya, saat ini tenaga kerja lebih banyak dari golongan perantau atau pendatang. Maka, langkah pembuatan berikut ini akan lebih memudahkan bagi Anda seorang perantau dan bertanya-tanya bikin NPWP di perantauan, apa yang harus saya siapkan?

Solusi Bikin NPWP di Perantauan

Pada prinsipnya, pembuatan NPWP bagi orang yang berasal dari luar daerah memiliki banyak kesamaan dengan pembuatan NPWP pada umumnya. Mulai dari foto copy KTP, pengisian formulir pendaftaran, dan jadilah sebuah nomor NPWP yang siap digunakan. Baca NPWP Online Beda Domisili

Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi kalian pendatang baru di kota orang dan bingung mengenai bikin NPWP di perantauan, apa yang harus saya siapkan? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pembuatan Surat Keterangan dari RT/RW

Tahap pertama Anda harus membuat surat keterangan yang berasal dari RT maupun RW. Surat keterangan ini harus dibuat sebelum Anda hendak meminta surat keterangan domisili dari kelurahan.

Advertisements

Pembuatannya sangat mudah, Anda hanya sekedar meminta surat keterangan domisili dari sekretaris RT lalu ditandatangani oleh ketua RT.

  • Pembuatan Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan

Setelah Anda mendapatkan surat keterangan domisili dari RT/RW maka langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor kelurahan terkait.

Bawalah KTP asli, foto copy KTP, surat keterangan domisili yang telah didapatkan dari RT/RW, foto diri terbaru, dan jangan lupa sertakan materai untuk memperkuat pendaftaran diri.

  • Mengisi Formulir Pendaftaran NPWP

Langkah terakhir adalah pengisian formulir yang telah tersedia di kantor kelurahan. Setelah semua berkas dinyatakan lengkap dan pengisian formulir selesai Anda cukup menunggu beberapa saat sampai mendapatkan kartu yang berisikan NPWP Anda.

Keterangan tambahan lagi, jika Anda hendak mendaftarkan usaha atau bisnis pribadi, Anda harus menyertakan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Isi surat tersebut ialah data-data keterangan bisnis Anda, mulai dari pemilik, lokasi usaha, hingga jenis usaha yang tengah dijalankan. Bagi Anda yang tengah menjalankan usaha/bisnis di kota orang, maka surat ini dapat Anda sertakan ketika hendak mendaftarkan NPWP.

Demikianlah tadi tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan untuk membuat NPWP di perantauan. Dengan ini, pembuatan NPWP semakin mudah, gaji dan usaha yang dikelola akan semakin lancar karena telah mendapatkan kelegalan dari negara. Baca Membuat NPWP Dengan KTP Luar Daerah

Bagi Anda yang masih bingung dan bertanya-tanya bikin NPWP di perantauan, apa yang harus saya siapkan? Tidak perlu khawatir lagi, dimanapun Anda bekerja dan membuka usaha, pembuatan NPWP sangatlah mudah dengan melakukan prosedur-prosedur di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisements
error: