Syarat Gimana Cara Buat Npwp, Begini Tahapan Wajib Anda Tempuh

Gimana Cara Buat Npwp – Setiap warga negara yang sudah bekerja dan mencapai gaji tertentu wajib mempunyai NPWP. Dengan adanya NPWP para pekerja tersebut wajib membayar pajak sekian persen kepada negara.

Hanya saja beberapa orang belum mengerti cara mendaftar. Mengenai syarat gimana cara buat npwp, begini tahapan wajib anda tempuh, Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu.

Setidaknya dengan mengetahui syarat-syarat tersebut, Anda bisa menghemat waktu dan tidak bolak-balik ke kantor pajak.

Advertisements

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemasukan dari pajak sangat penting bagi negara. Dengan adanya pajak, pemerintah dapat membangun jalan, memberikan jaminan kesehatan gratis ataupun membiayai sekolah gratis.

Mengingat betapa pentingnya pajak, maka Anda yang sudah memenuhi kriteria wajib pajak perlu segera mengisi NPWP. Apa syarat gimana cara buat npwp, begini tahapan wajib anda tempuh:

Gimana Shih Cara Buat Npwp itu ribet gak ya??

  • Fotocopy KTP

Syarat pertama yang perlu Anda penuhi adalah dengan memfotocopy ktp. Dengan melampirkan ktp, itu menandakan bahwa Anda sebagai warga negara Indonesia.

Jika Anda warga negara asing dan mau mengurus NPWP, yang perlu Anda fotocopy adalah paspor.

  • Membawa Surat Keterangan dari Kantor

Untuk membuktikan bahwa Anda adalah karyawan sebuah perusahaan, Anda perlu membawa surat keterangan yang diberikan dari perusahaan.

Tapi jika Anda adalah pegawai negeri, Anda bisa turut serta melampirkan SK yang dikeluarkan oleh kantor.

Advertisements
  1. Mengisi Formulir

Setelah semua tahapan sudah Anda selesaikan secara benar, Anda dapat pergi ke kantor pajak. Di sana nantinya Anda diminta untuk mengisi formulir.

Sama seperti formulir-formulir biasa, kolom-kolom yang diisi adalah nama, alamat, penghasilan dan lain-lain.

Syarat-syarat di atas adalah lampiran yang ditujukan kepada para pekerja. Untuk para pengusaha berbeda lagi, surat keterangan dari kantor dapat diganti dengan surat keterangan usaha yang dikeluarkan oleh kelurahan beserta mengisi lampiran formulir usaha yang ditandatangani di atas materai.

Syarat-syarat untuk wanita yang sudah menikah pun berbeda lagi. Mereka perlu melampirkan NPWP suami dan surat pemisahan penghasilan. Semua syarat-syarat tersebut disesuaikan dengan kondisi Anda. Jangan sampai melampirkan syarat yang salah.

Sekarang pembuatan NPWP sudah lebih dipermudah. Selain syarat-syarat yang dilampirkan tidak terlalu banyak, Anda yang tidak mau mengantri juga bisa mengurus NPWP secara online.

Semua itu pemerintah lakukan agar masyarakat mau patuh dalam membayar pajak. Tanpa pajak, pemerintah tidak bisa melakukan berbagai pembangunan. Maka menjadi warga negara yang taat pajak sangat penting.

Dengan pajak, Anda dapat menikmati jalan yang lebih halus, dengan pajak biaya kesehatan Anda dapat lebih murah. Pada akhirnya pajak yang Anda bayarkan tetap Anda nikmati.

Syarat gimana cara buat npwp, begini tahapan wajib anda tempuh, tahapan-tahapan tersebut termasuk ringkas. Jadi jangan tahan diri Anda untuk tidak membayar pajak.

Advertisements
error: