Syarat Membuat NPWP Toko Kelontong dan Rumah Makan

Syarat membuat NPWP toko kelontong dan rumah makan tergolong mudah, karena dikategorikan sebagai wiraswasta atau pengusaha untuk usaha kecil dan menengah.

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak sangat berguna dan penting untuk kedua usaha ini. Setiap usaha harus memiliki izin usaha untuk kelancaran usaha yang dijalankan.

Untuk mengurus izin usaha, Anda akan diberikan beberapa prosedur yang harus dijalani dari pihak-pihak yang bersangkutan.

Advertisements

NPWP juga bermanfaat untuk mengembangkan usaha toko kelontong dan rumah makan menjadi lebih maju dan besar dengan mengajukan permohonan kredit ke bank-bank yang menyediakan fasilitas kredit.

Beberapa Syarat Membuat NPWP Toko Kelontong

Jika Anda ingin membuka usaha toko kelontong dan rumah makan serta ingin membuat usaha Anda lebih berkembang, maka Anda memerlukan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.

Begitu pula, apabila Anda sudah menjalankan kedua usaha ini, maka NPWP juga harus disediakan sebagai syarat wajib membuat izin usaha. Baca  Biaya Pembuatan NPWP Pribadi

Berikut ini ada beberapa syarat membuat NPWP toko kelontong dan rumah makan sebagai usaha kecil dan menengah:

Advertisements
  1. Dokumen pertama yang harus Anda siapkan adalah kartu identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Serahkan kartu identitas diri ini berupa dokumen yang sudah difotokopi atau bukan dokumen asli.
  2. Kemudian langkah yang kedua adalah dengan menyiapkan fotokopi SKU atau Surat Keterangan Usaha yang telah diurus di Kantor Kelurahan atau kantor dinas yang bersangkutan.
  3. Langkah ketiga adalah mengisi formulir pernyataan usaha. Formulir ini harus ditandatangani diatas materai Rp6.000.
  4. Dan Langkah terakhir adalah Anda harus mengisi formulir pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP di kantor perpajakan daerah setempat. Anda juga bisa mendapatkan formulir pendaftaran NPWP tersebut di official website nya langsung.

Toko kelontong dan rumah makan merupakan salah satu diantara banyaknya usaha kecil dan menengah yang harus memiliki NPWP untuk perkembangan usahanya.

Untuk kategori pengusaha dan wiraswasta persyaratan yang ditetapkan jauh lebih sederhana daripada mereka yang berkategori karyawan atau pekerja kantoran.

Oleh karena itulah, usahakan dari sekarang sudah membuat NPWP karena cara membuatnya sangat sederhana. Apalagi, jika Anda telah memiliki sebuah usaha.

NPWP juga digunakan sebagai identitas diri yang nantinya berfungsi ketika akan membayar pajak setiap bulan. Perlu diketahui, bahwa usaha kecil dan menengah wajib membayar pajak ke kantor perpajakan setempat dengan perhitungan 1% x omset perbulannya.

Bagi Anda yang memiliki usaha toko kelontong dan rumah makan, maka Anda diwajibkan untuk membayar pajak yang telah ditetapkan oleh dinas perpajakan.

Adanya NPWP tentu saja dapat mempermudah hampir segala hal yang berkaitan dengan usaha kecil dan menengah. Baca Membuat NPWP Perusahaan

Itulah syarat-syarat membuat NPWP toko kelontong dan rumah makan yang sangat sederhana dan wajib dilakukan sendiri tanpa harus diwakilkan.

Advertisements
error: