Syarat Penting Membuat NPWP Perusahaan Update

Membuat NPWP Perusahaan – NPWP atau yang merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak adalah sebuah nomor yang digunakan sebagai bukti bahwa pemiliknya sudah termasuk warga negara Indonesia yang wajib membayar pajak.

Seperti yang telah diatur di undang-undang bahwa membayar pajak itu wajib bagi setiap warga negara yang sudah memiliki pekerjaan atau memiliki perusahaan.

Syarat penting membuat NPWP perusahaan, belum banyak yang mengetahui. Padahal sebuah perusahaan juga tidak luput dari membayar pajak.

Advertisements

NPWP dalam bentuk kartu dikeluarkan oleh Direktorat Pajak untuk masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas perpajakan.

Hal ini tentu saja memudahkan masyarakat juga pemerintah dalam mengetahui apa saja aktivitas pajak dan keuntungan dari membayar pajak.

Prosedur Membuat NPWP Perusahaan

NPWP tidak hanya dibuat untuk perseorangan, suatu perusahaan juga wajib memiliki NPWP. Jika tidak, maka perusahaan tersebut dicap tidak taat pajak.

Fungsi dari NPWP untuk perusahaan sendiri adalah untuk mengawasi serta menjaga ketertiban pajak di Indonesia, banyak menjadi syarat-syarat pelayanan umum, dan sebagai syarat wajib dalam pendirian suatu perusahaan. Baca Membuat NPWP Pribadi di Kantor KPP

Berikut ini akan disebutkan syarat penting membuat NPWP perusahaan. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

Advertisements
  1. Memiliki surat izin usaha yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang atau memiliki surat keterangan tempat usaha yang dikeluarkan oleh kepala desa atau pejabat daerah. Surat izin atau surat keterangan tersebut kemudian difotokopi sebagai syarat dokumen.
  2. Memiliki dokumen pendirian atau akta pendirian suatu usaha yang dikeluarkan oleh kepala desa atau pejabat daerah. Dokumen pendirian tersebut difotokopi.
  3. Salah satu orang yang mengurus perusahaan tersebut haruslah mempunyai NPWP kemudian difotokopi. Jika pendiri perusahaan merupakan warga asing maka harus memiliki fotokopi paspor atau surat keterangan tinggal yang dikeluarkan oleh kepala desa atau pejabat daerah.

Semua berkas fotokopi surat izin perusahaan, dokumen pendirian dan fotokopi NPWP dijadikan satu kemudian dibawa ke Kantor Pelayanan Perpajakan setempat.

Jika ingin yang lebih praktis maka bisa mendaftar online. Caranya berkas-berkas dokumen di atas discan dan daftar melalui website resmi www.ereg.pajak.go.id.

Di halaman tersebut, Anda hanya perlu memasukkan data-data yang ditanyakan. Jika proses sudah selesai maka bawa bukti pendaftaran tersebut ke Kantor Pelayanan Perpajakan setempat untuk dibuatkan kartu NPWP. Jika belum jadi dalam satu hari, kartu akan dikirim ke alamat Anda nantinya.

Dalam mendaftar NPWP perusahaan sebaiknya langsung saja ke Kantor Pelayanan Perpajakan karena dengan mendaftar langsung bisa bertanya-tanya lebih jauh. Baca Pembuatan NPWP Orang Pribadi

Petugas juga akan mengarahkan langkah-langkah dalam membuat NPWP sampai jadi. Bagi yang sudah mengetahui syarat dalam membuat NPWP perusahaan, diharapkan segera mendaftar NPWP baik dengan online maupun offline.

Demikian ulasan mengenai syarat penting membuat NPWP perusahaan atau badan usaha. Semoga bermanfaat.

Advertisements
error: