Tahapan Syarat Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BRI Update

Memiliki sertifikat rumah memang menguntungkan, selain identitas kepemilikan menjadi sah juga dapat digunakan untuk mendapatkan pinjaman di bank.

Dengan gadai sertifikat rumah maka Anda dapat mengajukan pinjaman pada bank BRI dan mendapatkan dana sesuai dengan harga rumah dan tanah tersebut.

Sehingga Anda dapat meminjam sejumlah uang di bawah harga taksiran dari pihak bank. Selain sertifikat asli rumah yang akan diagunkan tersebut tentunya Anda juga harus menyertakan berbagai dokumen penting lainnya yang menjadi persyaratan dari pengajuan pinjaman Anda.

Advertisements

Syarat Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BRI Update

Tahapan Syarat Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BRI Update

Persyaratan yang harus disertakan selain sertifikat rumah tersebut;

  1. Fotocopy KTP suami istri dan Kartu Keluarga
  2. Pas foto suami istri dengan ukuran 4×6 2 lembar
  3. Fotocopy buku nikah bagi yang sudah berkeluarga
  4. Surat domisili jika peminjam berasal dari luar daerah kantor cabang bank BRI
  5. Surat keterangan usaha dari kelurahan setempat sekalipun itu usaha warung kelontong biasa.

Akan tetapi jika ternyata sertifikat tersebut miliki salah satu anggota keluarga seperti milik orang tua atau saudara sekandung maka Anda juga harus menyertakan fotocopy KTP suami istri dari pemilik sertifikat tersebut.

Advertisements

Jika salah satunya ada yang sudah meninggal dunia maka Anda juga harus menyertakan surat keterangan kematian yang diterbitkan dari kelurahan setempat.

Dan jika terjadi kesalahan cetak nama atau alamat jelasnya maka Anda harus menyertakan surat keterangan yang dikeluarkan pihak kelurahan untuk membuktikan bahwa nama tersebut adalah orang yang sama atau alamat yang sama. Baca Tahapan,Syarat Gadai Sertifikat Tanah Di Bank

Bunga yang ditetapkan pihak bank memang cukup tinggi yaitu mulai dari 9-12% jika dalam jangka 1 tahun kemudian 10-14% untuk 2 tahun dan 15% jika hingga 3 tahun.

Jadi semakin lama pelunasannya maka akan semakin tinggi bunga yang dibebankan pada Anda. Meskipun begitu juga harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda dalam mencicil setiap bulannya sehingga tidak membebankan Anda.

Biasanya pihak bank akan memberikan jumlah pinjaman sekitar 70% hingga 80% dari nilai taksiran harga rumah Anda ketika gadai sertifikat rumah Anda tersebut. Maka jika rumah dihargai 100 juta maka Anda akan diberikan maksimal 80 juta rupiah.

Mendapatkan pinjaman memang menyenangkan sebab Anda dapat memenuhi kebutuhan yang mendesak dan lebih besar. Biasanya seperti merenovasi rumah, membayar rumah sakit, mendaftar sekolah atau universitas dan biaya konsumtif lainnya.

Namun dalam memutuskan untuk mengajukan pinjaman sebaiknya Anda sedang benar-benar terdesak kebutuhan yang mendadak dan dalam jumlah yang tidak sedikit. Sebab bagaimanapun Anda akan dibebankan dengan biaya bulanan plus bunga, belum lagi biaya untuk sehari-hari keluarga Anda. Baca Gadai Sertifikat Rumah Di Bank Muamalat

Sehingga tentunya tetap akan memberatkan Anda sekalipun cicilan yang dibebankan tidak terlalu banyak. Jadi sebelum melakukan gadai sertifikat rumah sebaiknya karena benar-benar membutuhkannya.

Advertisements
error: