Tahapan,Prosedur dan Syarat Pembuatan NPWP Orang Pribadi

Prosedur dan syarat pembuatan npwp orang pribadi tidaklah sulit. Jangan berburuk sangka dulu. Tidak semua sistem yang berkaitan dengan pelayanan pemerintah harus lama atau repot.

Justru kini pemerintah sedang ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat bahwa pelayanan mereka lebih mudah dan tidak lama. Oleh karena itu, mungkin ini jadi momentum yang tepat untuk Anda yang belum punya npwp.

Mengurus npwp saat ini tidak perlu bertatap muka langsung atau datang ke kantor pajak dan harus mengantre. Sungguh hal yang pasti ingin Anda hindari. Untuk itu, kini kantor pajak lebih terbuka dengan wujud membuka akses melalui pelayanan berbasis sistem pajak online.

Advertisements

Sungguh sebuah keuntungan bagi para wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya karena kantor pajak sudah memudahkan sistem supaya setiap wajib pajak tidak merasa kesulitan lagi dalam membayar pajak.

Gimana Membuat Pembuatan NPWP Orang Pribadi

Bagi Anda yang akrab dengan teknologi pasti menyambut baik hal ini. Karena segalanya menjadi lebih mudah ketika bisa dikerjakan dari rumah. Baca Membuat NPWP Karyawan

Anda masih bertanya-tanya bagaimana prosedur dan syarat pembuatan npwp orang pribadi, berikut dapat Anda ikuti langkah-langkahnya.

  1. Miliki akun

Bagaimana caranya memiliki akun pajak? Mudah, Anda tinggal kunjungi situs pajak.go.id kemudian masuk ke tautan e-registrasi pajak.

Anda akan dimintai alamat email untuk kemudian dirjen pajak mengirim email yang ditujukan kepada Anda. Email ini berisi perintah untuk verifikasi dan mengaktivasi akun milik Anda.

Advertisements
  1. Isi dan kirim

Langkah berikutnya Anda akan diminta mengikuti instruksi yang diberikan dirjen pajak melalui email tadi. Baca Membuat NPWP Untuk Mahasiswa

Biasanya Anda akan dipersilakan mengisi formulir pendaftaran yang intinya mencantumkan data-data diri Anda. Setelah itu Anda wajib mengirim kembali formulir elektronik yang sudah terisi data tersebut.

  1. Cetak

Berikutnya Anda harus mencetak dua dokumen yakni surat keterangan terdaftar sementara dan formulir registrasi wajib pajak.

  1. Tanda tangan

Segera setelah dua form tadi Anda cetak, bubuhkan tanda tangan Anda di kedua form tadi.

  1. Kirim

Setelah kedua formulir tadi lengkap dengan tanda tangan, Anda harus mengantarnya ke kantor pajak tempat Anda tinggal disertai kelengkapan lain yang diminta.

Atau jika malas pergi ke sana, Anda bisa saja mengirim hasil scan dari dua dokumen tadi dengan cara upload ke situs E-registrasi pajak tadi.

Semua proses telah selesai Anda lakukan. Kini tinggal menunggu dengan terus memantau email atau situs e-registrasi pajak tentang status Anda.

Jika sudah muncul keterangan bahwa pengajuan npwp Anda diterima, maka Anda bisa bernafas lega karena tinggal menunggu kartu npwp dikirim ke alamat rumah Anda. Baca Pembuatan NPWP Baru Gratis Atau Bayar

Prosedur dan syarat pembuatan npwp orang pribadi memang tidak sesulit yang dikira kebanyakan orang. Yang perlu hanyalah meluangkan sedikit waktu untuk mengurusnya karena ini untuk kebaikan Anda sendiri nantinya.

Advertisements
error: