TERBARU Syarat dan Prosedur Pinjaman Bank untuk Karyawan Swasta dan Kontrak

Pinjaman Bank untuk Karyawan – Sebagai karyawan swasta atau kontrak, saat melakukan pinjaman di bank, tentu ada prosedur khusus yang harus dilewati. Syarat pinjaman sebagai karyawan swasta atau kontrak tentu juga berbeda dengan syarat yang harus dipenuhi oleh wiraswasta atau profesional.

Nah, kira-kira bagaimana syarat dan prosedur pinjaman di bank untuk karyawan swasta dan kontrak? Simak informasinya berikut ini :

Syarat melakukan pinjaman untuk karyawan swasta dan kontrak

Umumnya berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh karyawan swasta atau kontrak saat mengajukan pinjaman :

Advertisements

Persyaratan individu yang harus dipenuhi peminjam adalah :

  1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia
  2. Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat kredit berakhir
  3. Memiliki penghasilan minimal sebesar 3 juta rupiah
  4. Harus memiliki rekening di bank tempat pengajuan pinjaman

Sementara itu, persyaratan dokumen yang biasa harus dipenuhi oleh karyawan saat mengajukan pinjaman di bank adalah : Baca dulu Ingin Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan SK PNS Lengkapi Syarat Ini Ya

  1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  3. Fotokopi NPWP
  4. Pas foto ukuran 4×6 cm
  5. Surat keterangan penghasilan
  6. Dokumen asli SK pengangkatan pertama dan terakhir atau SK pensiun (bagi karyawan)
  7. Surat rekomendasi dari atasan atau pejabat yang berwenang
  8. Fotokopi rekening tabungan atau giro selama 3 bulan terakhir

Itulah persyaratan dokumen yang biasa harus dipenuhi karyawan saat mengajukan pinjaman di bank. Apa perbedaannya dengan syarat yang harus dipenuhi oleh wiraswasta dan profesional? Biasanya kalau karyawan diharuskan melampirkan dokumen asli SK pengangkatan pertama dan terakhir.

Sementara jika pemohon merupakan wiraswasta atau profesional, biasanya akan dimintai laporan keuangan usaha selama 2 tahun terakhir, sampai surat ijin mendirikan usaha.

            Selain itu, biasanya karyawan diharuskan untuk melampirkan surat rekomendasi dari atasan atau pejabat yang berwenang. Sementara, kalau Anda merupakan wiraswasta atau profesional, tidak diharuskan untuk melampirkan syarat tersebut. Lalu, bagaimanakah prosedur pinjaman di bank bagi karyawan swasta dan kontrak?

Advertisements

Prosedur pinjaman di bank bagi karyawan swasta dan kontrak

            Berikut adalah prosedur yang dilalui karyawan swasta dan kontrak saat mengajukan pinjaman di bank : Baca Cara Termudah Perhitungan Bunga Pinjaman Bank

  1. Siapkan persyaratan dokumen yang ditentukan,
  2. Datangi kantor perwakilan bank pilihan Anda yang ada di daerah, ajukan permohonan pinjaman.
  3. Untuk memantapkan keputusan Anda, tanyakan juga biaya yang akan dikenakan pada Anda (biaya provisi, administrasi, asuransi, maupun notaris),
  4. Petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Formulir ini diserahkan bersama dengan persyaratan dokumen yang lainnya.
  5. Anda akan diminta untuk menunggu konfirmasi persetujuan / penolakan pinjaman. Biasanya waktu yang dibutuhkan sejak mengajukan pinjaman sampai konfirmasi adalah 7 – 14 hari.
  6. Jika pengajuan pinjaman disetujui, maka Anda akan melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman dengan pihak bank.
  7. Uang pinjaman yang telah dikurangi biaya-biaya yang dikenakan akan ditransfer ke rekening Anda. Anda juga bisa memperoleh uang pinjaman secara tunai.

Itulah prosedur yang umumnya dilalui saat mengajukan pinjaman uang di bank. Nah, kira-kira bank apa saja yang menyediakan pinjaman bank untuk karyawan swasta dan kontrak?

Bank yang menyediakan pinjaman untuk karyawan swasta dan kontrak

  1. Bank BRI

Bank BRI menyediakan pinjaman untuk karyawan swasta, kontrak dan PNS yang dinamai dengan BRIGuna. Plafon pinjaman BRIGuna mencapai 500 juta rupiah.

  1. Bank BTN

Bank BTN menyediakan pinjaman untuk karyawan swasta, kontrak dan PNS yang dinamai dengan Kredit Ringan BTN. Plafon pinjaman Kredit Ringan BTN ini mencapai nominal 500 juta rupiah.

  1. Bank BTPN

Bank BTPN menyediakan pinjaman yang dinamai Kredit Karyawan Aktif yang bisa dimanfaatkan oleh karyawan swasta, kontrak dan PNS. Plafon pinjaman yang disediakan mencapai 300 juta rupiah.Baca Ingin Pinjaman Dengan Jaminan SK Karyawan Tetap di Bank Bisa Gak Ya

  1. Bank BJB

Bank BJB yang berada di provinsi Jawa Barat dan Banten ini menyediakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan nama Kredit Guna Bhakti. Kredit ini ditujukan kepada karyawan swasta, kontrak, dan PNS. Plafon pinjaman yang disediakan mencapai 150 juta rupiah.

Advertisements
error: