UPDATE Apakah Gadai Ijazah S1 di Bank Bisa Dilakukan?

Gadai Ijazah S1 – Ijazah S1 merupakan dokumen berharga yang menjadi bukti bahwa seseorang telah menamatkan jenjang pendidikan S1. Biasanya, dokumen berharga memiliki nilai di bank, alias bisa dijadikan jaminan. Namun, bagaimana dengan ijazah S1? Apakah ijazah S1 dapat dijadikan sebagai jaminan pinjaman di bank?

Jawabannya adalah TIDAK BISA. Saat ini, bank tidak menerima jaminan berupa ijazah. Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada sebuah bank terpercaya yang menerima jaminan ijazah. Nah, sebenarnya dulu Bank Mandiri pernah memiliki produk pinjaman dengan jaminan ijazah.

Namun produk pinjaman itu sudah lama tidak diberlakukan lagi. Hal ini dikarenakan banyak kredit dengan jaminan ijazah yang macet. Karena dinilai tidak prospektif, maka pinjaman jenis ini pun tidak tersedia lagi di Bank Mandiri maupun bank-bank yang lainnya.

Advertisements

Yah, padahal jaminan ijazah merupakan jaminan yang relatif mudah diakses oleh berbagai lapisan masyarakat. Terus bagaimana dong? Apakah ada alternatif pinjaman yang mudah diakses oleh berbagai orang? Jawabannya adalah ADA. Simak informasi berikut ini tentang pinjaman yang mudah diakses oleh siapa saja! Baca Cara Termudah Perhitungan Bunga Pinjaman Bank

  1. Pinjaman di Uang Teman

Uang Teman (https://uangteman.com/) adalah situs pinjaman yang menyediakan pinjaman dengan syarat KTP saja. Dikutip dari situs resminya, Uang Teman bisa mencairkan dana pinjaman dalam kurun waktu 1 hari saja. Ini tentu kabar gembira bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat.

Plafon pinjaman yang disediakan adalah mencapai 3 juta rupiah. Nominal ini mungkin terbilang sedikit kalau dibandingkan dengan jumlah pinjaman yang ditawarkan oleh bank. Namun, jangan khawatir, karena jika Anda berlaku sebagai nasabah yang disiplin, Uang Teman bisa saja memberikan jumlah pinjaman yang lebih banyak pada kesempatan berikutnya.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi saat mengajukan pinjaman di Uang Teman adalah KTP dan foto diri yang terbaru. Untuk dapat meminjam di Uang Teman, Anda harus berusia minimal 21 tahun. Oya, Uang Teman juga tidak mengenakan biaya asuransi, biaya provisi atau administrasi yang biasa diberlakukan saat melakukan pinjaman di bank. Uang Teman hanya mengenakan suku bunga sebesar 1%.

Advertisements

Kelebihan lain yang membuat Uang Teman dijadikan alternatif sumber pinjaman adalah karena prosesnya bisa dilakukan secara online. Asal memiliki android, jaringan internet, serta persyaratan yang dikehendaki, maka siapa saja bisa mengajukan pinjaman. Baca Ingin Pinjaman Dengan Jaminan SK Karyawan Tetap di Bank Bisa Gak Ya

  1. Pinjaman di Pegadaian

Pegadaian memiliki produk pinjaman yang dinamai dengan KCA (Kredit Cepat dan Aman). Dinamai demikian karena proses kredit ini cepat dan barang jaminan debitur terjaga keamanannya. Barang yang bisa dijadikan jaminan untuk kredit ini cukup variatif, yakni mulai dari barang elektronik, perhiasan, sampai kendaraan bermotor.

Besar pinjaman yang diberikan umumnya berkisar Rp.50.000-Rp.500.000. Besar pinjaman yang diberikan tentu disesuaikan juga dengan nilai barang jaminan. Jangka waktu pengembalian KCA ini cukup fleksibel, yakni dalam kurun waktu 4 bulan.

Jangka waktu ini dirasa telah sesuai jika mengingat besaran pinjaman yang diberikan. Jika debitur merasa jangka waktu 4 bulan ini kurang, maka bisa memperpanjang jangka waktu pengembalian dengan membayar sewa modal.

Kelebihan dari kredit di Pegadaian ini adalah prosesnya yang cepat dan mudah. Sementara kekurangannya adalah plafon yang disediakan mungkin kurang cocok bagi orang yang membutuhkan dana pinjaman dalam jumlah besar.

  1. Kredit Tanpa Agunan di Bank

Kredit tanpa agunan mungkin terdengar mustahil di masa lalu. Namun, kenyataannya saat ini sudah banyak bank yang memberikan layanan kredit tanpa agunan. Biasanya persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit ini adalah KTP, KK, pas foto, fotokopi rekening tabungan, slip gaji, maupun NPWP.

Sementara itu, untuk mengajukan kredit ini, biasanya Anda diharuskan memiliki pekerjaan tetap. Ada pula bank yang mengharuskan pemohon untuk memiliki pendapatan dengan nominal tertentu. Yang pasti kredit ini benar-benar tidak membutuhkan jaminan apapun. Baca KETAHUI Pinjaman Uang Jaminan Ijazah Bisa Gak Sih di Pegadaian?

Contoh bank yang telah memiliki layanan kredit tanpa agunan ini adalah Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, dan lain-lain. Tentu, berbagai bank tersebut memiliki penawaran kredit yang berbeda-beda tentang plafon, tenor, hingga suku bunganya. Sangat penting untuk melakukan riset agar Anda dapat menemukan KTA yang paling pas.

Advertisements
error: