UPDATE: Gadai Sertifikat Atas Nama Orang Tua, Bisakah??

Menggadaikan sertifikat rumah merupakan salah satu hal yang sangat wajar di era modern saat ini. Dengan terus meningkatnya kebutuhan masyarakat maka proses gadai menjadi hal yang sangat penting.

Dalam hal ini gadai sertifikat atas nama orang tua merupakan hal yang dipertimbangkan oleh banyak pihak yang membutuhkan uang banyak namun belum bermodal.

Biasanya, hal ini dilakukan oleh seorang anak yang belum menikah dan membutuhkan tambahan modal untuk usahanya.

Advertisements

Jika dianalogikan demikian, maka tentu si anak belum memiliki uang yang cukup untuk menjalankan usahanya.

Oleh karenanya, sertifikat rumah orang tua pun bisa menjadi solusi. Namun, bagaimana caranya mengajukan gadai dengan sertifikat atas nama orang tua?

Proses Gadai Sertifikat Rumah Orang Tua

Ketika Anda mempertimbangkan proses gadai untuk memperoleh suntikan dana, maka Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal. Baca Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan cara-cara yang bisa dilakukan jika Anda akan mengajukan gadai sertifikat atas nama orang tua.

Advertisements
  1. Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan balik nama atas sertifikat rumah orang tua Anda. Balik nama dilakukan dengan mudah di kantor notaris dan Anda pun bisa memperoleh hasilnya dengan cepat, cukup tiga hari masa tunggu maka sertifikat Anda sudah berubah dengan nama Anda. Namun, tentu proses balik nama ini harus sesuai dengan persetujuan orang tua Anda.
  2. Anda bisa mengajukan gadai sertifikat orang tua dengan orang tua Anda sebagai penjamin. Hal ini tentu sangat penting, sehingga pihak bank akan mendatangi orang tua Anda dan melakukan survey terhadap properti yang digunakan sebagai agunan gadai. Hal ini akan sangat sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Jika Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti menjadikan orang tua Anda sebagai penjamin, pastikan salah satu orang tua Anda masih hidup. Dalam hal ini, orang tua akan menjadi penjamin untuk agunan yang diberikan kepada pihak Pegadaian.
  4. Proses yang satu ini akan semakin mudah jika Anda sudah berkoordinasi dengan orang tua sebelumnya. Sehingga, pengajuan pinjaman dengan gadai sertifikat atas nama orang tua pun akan lancar.
  5. Jika rumah yang Anda gunakan sebagai agunan merupakan rumah yang akan diwariskan, maka perlu ada tanda tangan dari saudara-saudara Anda penerima hak waris untuk mengetahui bahwa properti tersebut sudah diagunkan untuk pinjaman Anda.
  6. Pastikan semua penerima hak waris menandatanganinya karena hal ini sangat penting. Jika ada satu saja yang menolak bertanda tangan, maka pengajuan Anda akan ditolak.

Dari penjabaran di atas, Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut sebelum melakukan pinjaman dengan sertifikat milik orang tua Anda. Baca Pinjam Uang di Bank Jaminan Sertifikat Rumah

Hal ini penting diperhatikan sehingga Anda tidak mengalami kesulitan saat proses angsuran dan penutupan pinjaman di kemudian hari.

Semoga informasi mengenai gadai sertifikat atas nama orang tua ini dapat memberikan informasi lengkap untuk Anda.

Advertisements
error: