UPDATE Menghitung Suku Bunga Pinjaman Bank BRI

Suku Bunga Pinjaman Bank BRI  Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah bank yang sangat luas jangkauannya hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Hal ini membuat jumlah nasabah bank BRI pun sangat banyak dan terus bertambah setiap waktunya.

Seperti yang diketahui para nasabah bank ini tidak hanya bertujuan untuk menabung dan menyimpan uang di bank, tetapi juga jika ada peluang ini mengajukan pinjaman dana ke bank. Bank BRI melayani pinjaman untuk para nasabahnya. Nasabah bank BRI tentu sangat senang mengetahui peluang mengajukan pinjaman ini.

Sebagai salah satu bank milik pemerintah, BRI melayani pinjaman dengan persentase bunga yang ringan setiap bulannya. Hal ini menyebabkan cicilan yang harus dibayarkan nasabah atas pinjamannya setiap bulan tidak akan terlalu besar. Tentu anda yang merupakan nasabah bank BRI menjadi penasaran bukan berapa suku bunga pinjaman bank BRI ini.

Advertisements

Suku bunga pinjaman memang dapat berubah-ubah, namun pada bagian berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghitung suku bunga pinjaman bank BRI terbaru untuk anda. Gunakan informasi tersebut untuk membantu anda memutuskan ingin mengajukan pinjaman atau tidak.

Cara Menghitung Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru

Suku bunga adalah informasi yang penting anda ketahui jika berniat mengajukan pinjaman ke bank. Besar suku bunga ini yang akan menentukan berapa cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya, dan dapat menjadi perbandingan juga apakah ada pinjaman lain dengan suku bunga yang lebih kecil.

Seperti diketahui, pinjaman di bank BRI disebut-sebut sebagai pinjaman dengan suku bunga yang tidak terlalu besar. Namun mungkin ketika anda menerima informasinya, tidak tercantum berapa suku bunga dari pinjaman yang ditawarkan tersebut. Baca Ketahui Prosedur Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Bank Mandiri Syariah

Anda dapat menghitung besar suku bunga pinjaman bank BRI sendiri jika sudah tahu bagaimana cara menghitungnya. Itulah mengapa pada bagian ini akan coba dijelaskan bagaimana anda dapat menghitung suku bunga pinjaman yang ditawarkan pada anda dan menentukan apakah besar suku bunga tersebut tergolong ringan atau tidak. Berikut ini penjelasannya!

  • Ketahui Besar Angsuran Per Bulan

Pertama-tama untuk dapat menghitung suku bunga pinjaman bank anda membutuhkan informasi mengenai besar angsuran. Biasanya besar angsuran per bulan ini dapat anda ketahui melalui brosur penawaran pinjaman yang diberikan. Brosur penawaran pinjaman ini bisa anda dapatkan juga di kantor cabang bank langsung.

Advertisements

Lihatlah berapa angsuran per bulan untuk beberapa besar pinjaman yang berbeda. Biasanya besar angsuran yang disebutkan dalam brosur tersebut adalah angsuran per bulan. Catat informasinya untuk besar angsuran pinjaman yang berbeda.

  • Ketahui Lama Angsuran

Selain perlu mengetahui besar angsuran per bulan, anda juga harus mengetahui besar angsuran yang anda catat itu untuk angsuran berapa lama. Lama angsuran atau yang disebut juga sebagai masa tenor ini sangat penting karena informasinya pun akan digunakan dalam perhitungan. Biasanya lama angsuran ada dalam hitungan bulan per tahun. Baca Syarat Kredit Mandiri Syariah Tanpa Agunan KTA Saja Mudah Kok

  • Ketahui Besar Pinjaman

Terutama anda pun harus mencatat berapa besar pinjaman yang akan anda hitung suku bunganya. Cobalah mencatat beberapa rentang pinjaman yang berbeda, misalnya pinjaman antara 5 juta sampai 50 juta, 50 juta sampai 100 juta, 100 juta sampai 200 juta, dan di atas 200 juta.

  • Simulasi Perhitungan

Jika ketiga informasi di atas sudah anda miliki, maka anda sudah bisa melakukan penghitungan suku bunga dari bank BRI. Misalnya untuk contoh adalah pinjaman sebesar 25 juta rupiah yang ingin dibayar selama 12 bulan, ternyata besar cicilannya adalah Rp2.270.833 setiap bulannya.

Berapakah besar suku bunga pinjaman ini? Anda dapat menghitung jumlah total yang harus anda bayarkan terlebih dahulu, yaitu dengan mengalikan besar angsuran per bulan dengan jumlah bulan lama angsuran.

Jika sudah, kurangi dengan besar pinjaman anda. Selisih dari total pembayaran dan besar pinjaman tersebut dapat anda cari berapa persen per bulan dari pinjaman anda. Didapatkan suku bunga 0,75% per bulan.

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai apa saja yang perlu anda ketahui dan bagaimana anda dapat menghitung suku bunga pinjaman bank BRI terbaru. Ternyata cara menghitungnya tidak sulit sama sekali, asalkan anda memiliki informasi angka yang dibutuhkan dan memahami penghitungan sederhana.

Sisanya anda tinggal melakukan penghitungan dan didapatkan berapa besar suku bunga pinjaman bank BRI per bulannya. Biasanya besar suku bunga pinjaman ini dapat berbeda-beda walau dalam bank yang sama. Baca Lihat Kisaran Bunga Pinjaman Bank BRI 100 Juta

Perbedaannya bisa dilatarbelakangi oleh besar pinjaman, jenis jaminan, dan hal-hal lainnya. Jadi pastikan untuk mempertimbangkan dan membandingkan dahulu setiap pinjaman sebelum memutuskan mana pinjaman yang akan kamu ajukan sesuai dengan kebutuhan!

Advertisements
error: